Senin, 11 Oktober 2010

Akhirnya Dapat Juga Tomat Cherrynya

Bibit tomat cerinya tidak ketemu juga, saya mencoba memakai cara memutar. Aku cari tomat ceri di supermarket setelah keliling-keliling akhirnya ada satu supermarket yang menjual tomat ceri, senangnya luar biasa, seperti menang undian deh. Tapi tomatnya masih orange semu-semu hijau, tidak tahu bisa apa tidak yang penting dicoba dulu deh.

Si tomat ceri dipencet sampai keluar bijinya lalu dicuci sampai bersih dan dijemur sampai kering, tapi jangan jemur di bawah terik matahari langsung. Setelah kering rendam di air hangat minimal 30 menit dan semai. Hasilnya tidak karuan ada yang tidak tumbuh, ada yang tumbuh tapi keriting dan tidak gede-gede, untungnya ada juga yang tumbuh dan bagus walau cuma beberapa batang. Kesimpulannya ini bibitnya dari benih F1 alis hybrid memang kalau di tanam gak akan seperti aslinya. Aku anggap saja lagi melakukan dehibridisasi siapa tahu bisa stabil sampai turunan kesembilan.

Dari beberapa tanaman yang sehat itu akhirnya aku pindahkan ke pot tanam, akhirnya dengan ketelatenan bapakku bisa berbuah juga, emang bertangan dingin si bos. Ini dia salah satunya yang berhasil berbuah.


Kayanya saya bakalan menikmati buah tomat ceri, sudah kelihatannya buahnya bakalan banyak, mudah-mudahan bisa selamat walaupun hujan terus menerus. Soalnya mereka hidup tanpa pestisida, kalau ada serangan penyakit yang bisa saya lakukan cuma pasrah, soalnya tidak rela kalau mesti pakai pestisida. Apa artinya menanam sendiri kalau harus beracun juga, mending beli aja.


Kelihatannya buahnya bakalan banyak dalam satu pohon. Inilah yang paling aku sukai dari tomat cherry, produktivitasnya yang luar biasa, walau kalau ditimbang yah beratnya sama saja sama tomat biasa mungkin bahkan lebih ringan. Memandang saja rasanya sudah senang, tiap sore acara minum teh pindah ke sini, asyik aja minum teh sambil mandangin tanaman ini.


Hanya tinggal menunggu waktu hingga si tomat merah merona, kadang tergoda juga buat bikin sambel ijo tapi sayang banget metiknya. Lebih baik tunggu sampai merah semua. Kelihatan banget deh saya doyan sambel ijo :)


Sepertinya alam berbaik hati dan tomat ceri pun mulai memerah dan siap masuk perutku. Entah kenapa tomat ini rasanya manis segar padahal tomat ceri yang dulu di beli di supermarket asemnya nyaingin jeruk nipis, mungkin karena belum matang. Akhirnya karena rasanya enak pada akhirnya si tomat ceri jadi camilan sekeluarga dan tidak ada yang jadi sambel semuanya habis dicamil.


Rasanya tidak menyesal menanamnya semua kerepotan rasanya terbayar dengan rasa tomat yang manis dan menyegarkan, pokoknya gak nyesel deh menanamnya.


Ayo coba tanam juga selain rasanya jauh lebih enak daripada beli dan lebih murah juga, soalnya harga tomat cherry rada mahal karena jarang ada yang membudidayakannya. Kalau menanam sendiri lebih aman karena enggak pakai pestisida.

Sekarang saya lagi menanam bayam kangkung, caisim, terung sama bayam merah. Kalau ada waktu nanti aku posting lagi. Ayo tanam apa yang kita makan dan tak ada tempat bukan halangan, karena di pot juga bisa panen kok.

Selamat berkebun dan nikmati hasil panen Anda :)

29 komentar:

  1. helo salam kenal. saya mau nanya. waktu nanem tom cherry ini, daerah kamu ktinggiannya brapa meter dari permukaan laut. Btw, Tom Cherry ini cocok ga ditanam didaran rendah (500 meter dari bibir pantai) ????

    BalasHapus
  2. Halo juga Efri thank you for visiting my blog. Klo gak salah sih 1200 meter diatas permukaan laut. Tapi aku denger sih tomat cherry gak semanja tomat besar. Di coba aja mbak siapa tau tumbuh cuman nyiramnya harus lebih sering aja. Coba aja dulu beberapa batang

    Karena aku nanemnya di ember atau pot besar. Jadi kurang tau klo ditanah langsung. Tapi temenku ada yang tinggal di daerah semi gurun pasir and dia pake sistem raised bed ternyata bisa.

    BalasHapus
  3. hallo, salam kenal ...
    saya mau bertanya, kalau tidak salah ada 2 macam tomat cherry, warna merah dan kuning. warna merah yang manis atau warna kuning? saya tertarik untuk mencoba menanam tomat ini.

    bagaimana cara agar belalang tidak hinggap di daun? karena pohon cabe saya yg masih kecil, habis daunnya dilalap hehehe ...
    thx ...

    BalasHapus
  4. Halo juga....

    Kedua-duanya ada yang manis juga ada yang asam, tergantung jenisnya, biasanya di tentukan oleh brix, makin tinggi brixnya makin manis.

    Engga berpengalaman ama belalang nih, biasanya kalau liat di kebunku sih paling di usahain di tangkap atau di usir. Di kebunku sih kadang ada beragam tanaman, si belalang lebih suka caisimku dari pada tomat, jadi tomatku aman-aman saja.

    Aku belon nanam cabe, karena tomat ama cabe sekeluarga. Jadi bisa saling menularkan penyakit. Aku pengen sih nyoba nanam tapi pengennya cabe rawit jaman dulu, yang kecil banget tapi pedesnya nendang. Tapi gak ada euy...

    BalasHapus
  5. Ada yang bisa bantu deskripsi tomat Chery ?

    BalasHapus
  6. Media tanam untuk tomat ceryy ini apa..
    trus perawatannya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanah, pupuk kandang atau kompos, dan sekam biar gak terlalu padat.

      Perawatannya siram dan pupuk teratur, usahakan daunnya tidak basah. Itu saja :)

      Hapus
  7. Media tanamnya yang saya pakai tanah:sekam:kompos dengan perbandingan 1:1:1. Kompos bisa diganti dengan pupuk kandang dan lain-lain tapi saya pribadi lebih suka kompos.

    Ketika mulai berbunga bisa diberi NPK sedikit. Kalau saya sih biasanya beli yang murah meriah aja. Saya pakai NPK yang warna hijau kalau gak salah terakhir beli 7500 sekilo.

    Aku biasanya melarutkan 1 sdm pupuk dengan 1,5 liter air. Ketika menyiram tinggal tambahkan sedikit larutan pupuk itu ke air untuk menyiram. Jadi beli sekilo bisa untuk puluhan kali menanam.

    BalasHapus
  8. Terimakasih infonya keren banget. Saya jadi lebih tau tentang tomat cheery ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih sudah mampir

      Hapus
  9. Bagus ya hasil tomatnya...., perawatannya susah gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak kok mbak kalau musim kemarau relatif mudah karena daunnya gak kena air.

      Hapus
  10. kalo daun tomatnya sampe menggulung kearah tengah, kapiler daun agak nyata terlihat, trus pucuk tunas mogok tinggi, itu kira2 krn apa ya mbak?

    BalasHapus
  11. hallo salam kenal ya mbak..
    aku juga ada tanam tomat cherry dari bulan maret kemarin, walo sudah berbunga hingga kini belum juga berbuah..:'( sedih rasanya
    klo mbak tau penyebabnya mohon beritahu aku ya..thankss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadooh jawabanku bakal basi banget nih karena sekarang baru ngejawab :(

      Tomat harus dapat sinar matahari 8 jam Ruth dan jangan terlalu banyak pupuk daun, nanti panen daun bukan panen buah ;)

      Hapus
  12. Sakam kenal.
    Wah keren saya mau coba jg ahh. Mudahan berhasil yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak :)

      Maaf lama balasnya, sedang sibuk sekali. Terima kasih pujiannya ayo di coba aja, pasti bisa kok...

      Hapus
  13. aargg pengen kyknya menggoda banget
    hahahahahaahah
    tapi nyari buahnya susah di sini
    hu hu hu
    lagi ngidam..pengen yg aneh2 kacau
    hahahahah
    tapi sedikit terhibur la mas liat pohonnya
    hahahahahah

    salam christy--Pontianak
    nb kl bs balas ke imel saya ya
    christy.lee0709@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mbak Christy, gawat nih baru di balas sekarang, pasti udah lahiran.

      Hapus
  14. Saya juga baru mau mulai menanam tomat chery,,bener2 awam,,mau tanya detail dong dari bibit yang dibuat itu perlu dijemur bbrapa hari gak sih? Trs saya kan mau tanam di pot juga,,stepnya bagaimana yah? Tanah bibit di tutup tanah lagi atau bagaimana yah? Waduh maaf byk tanya..trs pemberian pupuknys bagaimana?mohn pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika mau disimpan jemur sampai kering tapi jangan kena matahari langsung, jika mau langsung disemai tida usah dijemur cukup remas-remas hingga gel yang membungkus biji hilang, setelah itu langsung semai.

      Semai di pot kecil dulu, taruh benih tutup tipis2 saja, setelah berdaun 4 pindah ke pot yang besar saya sarankan pot 45 biar akarnya bebas dan lebih mudah memasang penyangga tanaman. Saya biasanya memakai tanah, sekam bakar dan kompos dengan komposisi 1:1:1 dan di tambah sedikit NPK sewaktu mulai berbunga.

      Hapus
  15. WaHh saya juga kepingin nyoba...suka banget liat ni tomat..., eya mbak...mbaknya waktu ituu dapet tomatnya dimana yah..supermarket apa?, susah banget nemu ni tomat. Makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal di kota mana? Kalau di Bandung hampir semua supermarket menyediakan tomat cherry sekarang. Benihnya juga mulai banyak yang jual secara online.

      Hapus
  16. tanaman tomat setinggi itu usia berapa lama ya..?jadi tomat Cherry suka air ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai :)

      Itu dia saya lupa euy berapa lama pastinya, sekitar dua bulan amape tiga bulan kayanya. Saya rasa sih airnya sedang-sedang aja, kalau gak terlalu panas siram sore aja. kalo panas siram pagi sore. Usahakan daunnya gak kena pas nyiram, supaya gak gampang kena jamur.

      Hapus
  17. Kak cara tanem tomatnya make tanah yang gmna kak? pake pupuk kah? Dan takarannya berapa banding berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Media tanamnya yang saya pakai tanah:sekam:kompos dengan perbandingan 1:1:1. Kompos bisa diganti dengan pupuk kandang dan lain-lain tapi saya pribadi lebih suka kompos.

      Hapus
  18. Kak mau tanyak beli tomat cherry dimana yaa ? Di supermarket atau di pasar tradisional yaa? Mohon jawabannya😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Bandung sekarang sudah mulai banyak di pasar tradisonal mulai ada. Kalo di supermarket sih pasti ada. Kalo benihnya di Tokopedia banyak yang jual, tapi klo mau tanam tunggu musim hujan lewat dulu yah

      Hapus

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih