Senin, 07 Februari 2011

French Pruning 1

Waktu lagi asyik menelusuri Google akhirnya ketemu satu situs yaitu http://www.tomodori.com yang menjelaskan tentang cara melakukan pemangkasan pada tomat interdeterminate. Karena situs ini dalam bahasa Perancis aku coba salin ke sini dalam bahasa Indonesia dengan sedikit penyesuain di sana sini.

Ada tiga jenis pemangkasan yang dibahas di sana yaitu dengan cabang tunggal, 2 batang utama dan tiga batang utama. Yang gampang banget untuk diikuti, walaupun pemangkasan ini bukan pemangkasan yang biasa dilakukan di sini tapi enggak ada salahnya dicoba dan saya pribadi  tidak pernah melihat pemangkasan seperti ini.

Batang Tunggal
Menumbuhkan tomat dalam batang tunggal merupakan yang paling sering dilakukan karena dapat mempercepat panen dan mudah dilakukan.
Batang Tunggal





Semua pucuk di ketiak daun di potong (lihat garis merah artinya potong) begitu mereka keluar kira-kira setelah berukuran 5 cm.

Batang utama dibiarkan membentuk 5 atau 6 bunga (tergantung pada varietas dan cuaca).

Setelah itu potong pucuk paling atas setelah bunga kelima atau keenam (lihat gambar) Membiarkan lebih banyak bunga akan melelahkan bagi tanaman dan menunda pematangan buah. 

Ini versi negara empat musim, kita bisa mencoba versi dengan bunga yang lebih banyak karena kita bisa menanamnya sepanjang tahun, tidak seperti mereka yang harus berkejaran dengan waktu. 






Modifikasi Pemangkasan Batang Tunggal setelah Tiga Bunga (2 Generasi).

Generasi Pertama 2G



Potong batang di atas bunga ketiga. Buang semua pucuk di ketiak daun kecuali yang terletak di bawah bunga ketiga. Tunas ini akan membentuk batang baru. Jadi sambil menunggu batang baru tumbuh tanaman dapat berkonsentrasi memperbesar buah yang ada.







Generasi Kedua 2G











Potong semua pucuk di ketiak daun pada batang baru dan potong batang atas setelah bunga keenam. Setelah ini tanaman akan berkonsentrasi untuk memperbesar semua buah yang ada sehingga panen bisa lebih cepat.











Modifikasi Pemangkasan Batang Tunggal setelah Tiga Bunga (3 Generasi).
Generasi Pertama 3G



Potong semua batang diatas bunga kedua. Buang semua pucuk di ketiak daun kecuali yang terletak di samping bunga kedua, yang akan menjadi batang baru. Jadi menuggu batang baru tumbuh tanaman dapat berkonsentrasi memperbesar calon buah yang ada.





Generasi Kedua 3G








Ulangi tindakan di atas pada batang generasi kedua. Sehingga akan diperoleh batang baru lagi. Jadi sambil menuggu batang baru tumbuh tanaman dapat berkonsentrasi memperbesar buah yang ada.








Generasi Ketiga 3G








Pada batang generasi ketiga lakukan hal yang sama. Potong batang bunga kedua. Sehingga diperoleh enam bunga. Setelah ini tanaman akan berkonsentrasi untuk mematangkan semua buah yang ada sehingga panen bisa lebih cepat.

Tapi jumlah bunga tidak mutlak karena bisa lebih banyak bunga kalau kita tidak dikejar waktu panen seperti orang bule di belahan benua lain.









Saya juga tidak tahu modikasi mana yang lebih cepat panen, karena belum mencoba nanti aku coba pada tanaman tomat ceri nanti hasilnya aku posting lagi.

Pemangkasan 2 batang utama dan tiga batang utama dapat dilihat di halaman selanjutnya, soalnya takut kepanjangan postingnya.

14 komentar:

  1. jgn lupa kunjungi saya ya

    apa nama fb nya ya mba??

    adhyz82 di mylot..tq

    BalasHapus
  2. Iya tar aku maen ke blogmu.....

    thanks for the visit.

    BalasHapus
  3. ternyata tomat butuh di pruning untuk memaksimalkan buahnya...nice info
    mau tanya kenapa setelah ada buahnya daun tomat terutama yang bagian bawah cenderung menjadi coklat & kering?

    BalasHapus
  4. Madkur gak di pruning juga gak apa2 kok ini sih share aja klo mau mempercepat panen bukan untuk memaksimalkan buah. Pruning hanya boleh dilakukan untuk tomat jenis indeterminate.

    Kayanya sih normal kalo coklat sama kering selama gak ada bercak atau noda kehitaman pada daun yang hijau.

    BalasHapus
  5. terima kasih informasinya yg sangat berharga (y)
    oiya, teknik untuk pemangkasan tomat biasa ada gak mba?

    BalasHapus
  6. Mbak Ewi Yura tomatnya indeterminate atau determinate? French Pruning hanya berlaku untuk tomat indeterminate. Kalau pruning biasa bisa dibuang aja tunas airnya gak usah dipotong pucuknya.

    Kalau tomatnya determinate, disarankan tidak usah dipruning biarkan saja tumbuh semaunya, karena biasanya setiap tunas airnya pasti membawa bunga.

    Lihat pola tumbuhnya untuk menentukan perlu pruning atau tidak.

    BalasHapus
  7. apa bedanya tomat indeterminate dengan determinate mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mbak Rosita terima kasih kunjungannya.

      Perbedaannya bisa dilihat di sini http://tomatcherry.blogspot.com/2010/12/determiniate-atau-intermediate.html

      Hapus
  8. Terima kasih infonya bro....Bermanfaat buat saya.

    BalasHapus
  9. Mbak, saya telanjur buang tunas air di bawah bunga ke3. Gimana itu mbak? Apa nanti muncul lagi? Atau dibiarkan yg bunga ke4 saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh maaf baru bales, pasti udah panen donk sekarang. Udah ketemu jawabannya kan?. Lanjut dari bunga keempat aja kak Hommy. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  10. makasih mas unt postingannya,itu semua sangat berguna bagi pengetahuan,apalagi yg pemar memanam tomat chery.susah susah gampang.tomat harus dipruning supaya pertumbuhan buahnya dpt maksimal.jika tdk akan menyedot nutrisi yg dibutuhkan oleh buah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, senang rasanya kalau apa yang saya bagikan berguna.

      Hapus

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih