Senin, 21 Februari 2011

French Pruning 2

Kita terusin pembahasan kita tentang french pruning dari http://www.tomodori.com.  Ada tiga jenis pemangkasan yaitu dengan cabang tunggal, dua batang utama dan tiga batang utama.  Yang gampang banget untuk diikuti, walaupun ini bukan standar baku cuman sesuatu yang baru aja karena ilustrasinya bagus banget dan enggak pernak terpikir kalau ada cara seperti ini.

Batang tunggal sudah kita bahas di posting sebelumnya maka sekarang kita bahas yang dengan 2 batang utama yang enggak kalah keren. Tehnik ini cocok untuk budidaya secara konvensional  yang tidak bertujuan mempercepat panenIni langkah-langkahnya:

Langkah Pertama



Langkah Pertama :
Potong batang atas setelah dua daun dan biarkan tunas di ketiak daun tumbuh menjadi 2 batang baru. Garis merah artinya potong.



Langkah Kedua





Langkah Kedua :
Potong batang diatas bunga ketiga dan potong juga semua tunas di ketiak daun kecuali yang ada disamping bunga ketiga. Tunas yang tersisa akan jadi batang baru






Langkah Ketiga








Langkah Ketiga : 
Potong batang diatas bunga keenam dan potong juga semua tunas di ketiak daun termasuk yang ada disamping bunga ke enam. Lihat gambar supaya lebih jelas.







Catatan :  
Model ini dapat disederhanakan tanpa membuatnya menjadi 3 bagian. Kita dapat membiarkannya kedua cabang tumbuh tanpa melakukan langkah kedua. 

Enam bunga juga tidak mutlak karena bisa lebih banyak bunga kalau kita tidak dikejar waktu panen seperti orang bule di belahan benua lain. Jadi kreasikan sesuai keinginan Anda karena beda varietas dan iklim beda hasilnya.  Selamat bereksperimen.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih