Selasa, 22 Februari 2011

French Pruning 3

Kita terusin pembahasan kita tentang french pruning dari http://www.tomodori.com.  Ada tiga jenis pemangkasan yaitu dengan cabang tunggal, dua batang utama dan tiga batang utama.  Yang gampang banget untuk diikuti, walaupun ini bukan standar baku cuman sesuatu yang baru karena ilustrasinya bagus banget dan tidak terpikir sebelumnya kalau bisa kaya gini.

Selanjutnya yang akan kita bahas mengenai French pruning dengan tiga batang utama. Yang aku suka banget dan kayanya akan aku terapkan pada tomat cherryku. Tehnik ini cocok untuk varietas tomat yang besar dan sangat produktif. Cocok untuk budidaya yang tidak ingin mempercepat masa panen. Ini langkah-langkahnya :


Langkah Pertama




Langkah Pertama :
Potong batang utama diatas daun ketiga dan biarkan tunas air diketiak daun tumbuh menjadi batang tiga baru.







Langkah Kedua



Langkah Kedua :
Pada setiap batang baru, potong semua tunas air di ketiak daun dan potong pucuk bunga ketiga (lihat gambar). Sisakan tunas air diketiak daun disamping bunga ketiga agar menjadi batang baru (lihat gambar). Ini bertujuan mempercepat pematangan buah di bagian bawah sambil menunggu  batang baru tumbuh. 



Langkah Ketiga







Langkah ketiga : 
Potong semua tunas air di ketiak daun dan potong semua batang di atas bunga keenam.  Sehingga sekarang tanaman bisa berkonsentrasi untuk mematangkan buahnya.







Model ini dapat disederhanakan dengan membiarkannya tomat tumbuh dengan tiga batang tanpa harus memotongnya dalam tiga bagian, karena kita tidak berkejaran dengan waktu. Model ini tidak mutlak jadi silakan bereksperimen.

Di negara empat musim biasanya mereka berpacu dengan waktu sehingga hanya enam bunga yang dibiarkan karena harus berpacu dengan waktu agar buah matang sebelum pergantian musim. Kalau di Indonesia kita bisa menambah jumlah batang utama dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. 

8 komentar:

  1. hmm, kudu nyiapin kupi dulu nih. ga bia dibaca sekali. thx mbak Esa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha :) emang sesusah itu yah, sama-sama om Adri.

      Hapus
  2. mau tanya kira-kira dari waktu penanaman hingga panen tomat cherry dengan teknik diatas menghabiskan waktu berapa lama ya ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadooh gak pernah dihitung mas/mbak tapi bisa disesuaikan dengan kebutuhan karena iklim kita kan gak perlu kejar-kejaran dengan musim dingin. Silakan bereksperimen ;)

      Hapus
  3. mbak mau tanya, tujuan utama french pruning ini apa ya? apakah salah satu tujannya juga untuk meningkatkan produksi? by the way saya ingin penelitian tentang tomat. tolong dijawab mbak ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh mbak maaf baru sempat jawab, karena sedang sibuk sekali. Mudah-mudahan penelitiannya sudah berjalan. Sisitem ini banyak diterapkan di negara 4 musim, karena masa tanam mereka kan sebentar. Biasanya untuk mempercepat panen dan memaksimalkan buah.

      Hapus
  4. salam kenal mba,
    suka banget dengan contain blognya..banyak ilmu yang kudapat nih. Thanks ya mba...akan kupraktekkan. Btw..daun tanaman tomatku pada keriting..hiks.dikasih apa ya mba biar sehat lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aliran pasrah mbak, gak mau pake pestisida. Klo dengan digunting daun kritingnya gak nolong saya biasanya main cabut aja.

      Hapus

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih