Sabtu, 01 Oktober 2011

Penyemaian dengan Kapas

Saya sering memakai metode ini untuk menyemai bibit dalam jumlah sedikit, sehingga lebih efektif dan gampang diketahui bibit yang hidup sehingga lebih mudah memastikan jumlah yang bisa ditanam. Germinasi juga terhitung lebih cepat dengan metode penyemaian di tanah. Prinsipnya sama seperti menanam kacang hijau di kapas jaman SD dulu.


Saya memakai kapas kotak seperti di atas karena adanya di rumah cuman itu doang. Kalau mau pakai jenis kapas lain juga tidak masalah, tidak ada aturan baku kok jadi kita harus kreatif dengan apa yang kita punya.  


Saya rencana akan menaruh satu benih disetiap potongan kapas biar enggak repot misah-misahin akarnya. Setiap kapas aku bagi empat jadi bisa untuk empat benih. 


Setelah selesai di potong tinggal diatur ditempatnya, aku pakai kotak sabun jaman dulu kebetulan ada di rumah dan sudah tidak dipakai lagi. 


Ada keuntungannya juga kalau pakai ini soalnya jadi ada lubang pembuangan air kalau airnya berlebihan dan ada tutupnya sehingga kelembapannya tetap terjaga, jadi tingkat keberhasilan germinasinya bisa lebih tinggi.  


Setelah selesai di susun di tempatnya tinggal basahi kapas dengan air, tapi jangan sampai tergenang takutnya nanti benih bisa busuk dan bau.  


Setelah itu tinggal menaruh bibit yang rencananya akan di tanam di atas kapas. Setelah itu tinggal tinggal menunggu sampai benih berkecambah dan siap di pindahkan ke pot yang lebih besar. 


Tinggal tutup kotak sabunnya dan taruh di tempat yang aman. Jangan lupa untuk mengeceknya sehari sekali untuk menambah air dan mengecek pertumbuhannya. Jika sudah berkecambah cepat-cepat buka tutupnya supaya si kecambah tidak leggy (kurus dan panjang) dan sudah bisa dipindahkan ke pot kecil.
Gimana gampang kan ayo dicoba!.

23 komentar:

  1. waah..........baguuss bgt idenya trimakasih

    BalasHapus
  2. Sama-sama semoga berguna yah... aku pake ini klo niatnya cuman nyemai sedikit atau bibit cuma ada sedikit.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Thank you kang Erick... makasih juga sudah maen ke sini.

      Hapus
  4. mantap, akan saya coba, bibit apa aja yg bisa di semai kayak gini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin biji sayuran aja...kalau biji mangga kayanya kegedean :) Saya pakai ini untuk mengecambahkan saja setelah muncul katiledonnya biasanya langsung pindah ke pot.

      Hapus
  5. nice idea... terus nanti hasil semaiannya berdiri apa tidur di kapas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdiri mbak, makanya gak boleh lama-lama di sini begitu tumbuh langsung pindah ke pot.

      Hapus
  6. bisa q praktekkan.... q punya bibit tomat cerry, belinya dipasar bunga splendit-malang, hargax emang lbh mahal drpd bibit tomat yg lokal...katanya penjualnya bibitnya impor....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harganya memang lebih mahal mbak Heddy. Sekarang sih udah banyak dimana-mana benih tomat cherrynya. Aku dulu pakai biji tomat dari tomat cherry supermarket lho, sekarang sih udah gampang nyarinya.

      Ayo tanam mbak...seneng deh kalo dah panen. Biasanya cuman dua atau tiga hari udah tumbuh, tinggal dipindah ke pot deh.

      Hapus
  7. Gambar hasilnya mana? Pengen dong liat gambar hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak sempat difoto mas, maaf kurang rapi dokumentasinya

      Hapus
  8. aku coba nanam benih cosmos beberapa kali di kapas tapi nggak pernah tumbuh, padahal kalo nanam morning glory atau zinnia tumbuh aja, apa yang salah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu mbak/mas saya jarang tamam bunga soalnya, tempat saya kecil sekali. Jadi sebisa mungkin saya tanam yang bisa dimakan aja :). Mungkin benihnya benih lama, atau coba tanam di media tanam langsung.

      Hapus
  9. Saya lagi tanem marigold, saya gak tau kalo kecambah harus gelap, ini udah 2 hri tapi akarny baru mau tumbuh masih bisa selamat gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus di tempat gelap kok, begitu tumbuh harus dikenalkan sinar matahari supaya tidak benihnya tidak KUTILANG (kurus, tinggi, langsing :))

      Hapus
  10. saya baru belajar nanam mbak , benih yang dikapas bisa langsung ditanam dengan kapasnya atau kapasnya dibersihkan terlebih dahulu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Hafiya, saya sih biasanya langsung tanam sama kapasnya biar akarnya gak terganggu.

      Hapus
  11. Pas pindahin ke tanah, kapasnya ikut ditanam ya?

    BalasHapus
  12. Iya mbak Mega sama kapasnya, tinggal tutupi saja kapasnya sedikit dengan tanah. Saya sudah jarang semai dengan metode ini lebih sering dengan rockwool sekarang.

    BalasHapus
  13. kloq tomat bisa gk bang
    soalnya aq mw nyoba.in ... !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tapi harus cepet-cepet dipindah klo dah keluar akarnya. biar gak etiolasi. Selamat berkebun

      Hapus

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih