Minggu, 08 Mei 2011

Hal yang Penting Diketahui Tentang Tomat

Saya rasa setiap tanaman memiliki karakteristik tertentu yang penting untuk diketahui agar bisa menghasilkan panen terbaik. Demikian juga halnya dengan tanaman tomat.

Tomat sangat tidak suka jika daunnya basah jadi jangan menyiram dari atas. Siram langsung pada media tanam. Biasanya jika daun tidak kering sebelum malam tiba maka akan sangat rawan terkena penyakit terutama jamur.

Tomat menyukai tanah yang lembab tapi tidak tergenang. Tanah yang tergenang akan menyebabkan akarnya busuk .

Kedua alasan di atas penyebab mengapa tanaman tomat tidak tumbuh dengan baik di musim hujan dan rawan terkena penyakit. Ini juga menyebabkan mengapa harga tomat melambung tinggi di musim hujan dan sangat murah di musim kemarau.

Banyak varietas tomat hybrid (F1) dibuat agar tahan terhadap penyakit tertentu Fusariun, Nematoda yang merupakan penyakit yang ada dalam tanah, tapi sangat jarang memiliki kebalan terhadap penyakit daun (foliar disease). Penyakit daun hanya bisa dicegah dengan memberi sirkulasi udara yang cukup dengan menjaga jarak tanam dan mencegah daun basah terus menerus terutama di malam hari.

Si gundul ini kena foliar disease, daunnya kering sebelum buahnya matang 

Tomat tidak bisa hidup tanpa daun karena di sanalah proses fotosintesa berlangsung, maka pertumbuhan akan terhenti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih