Sabtu, 07 Mei 2011

Hybrid vs Open Polinated vs Heirloom

Kalian pernah enggak mendengar ke tiga istilah di atas ketika berkunjung ke salah satu situs yang menjual benih. Aku pertama kali belajar tentang istilah-istilah tersebut ketika berburu benih tomat di internet.

Hybrid atau Hibrida atau F1
Biasanya dipakai untuk istilah benih hasil persilangan antara benih yang satu dengan yang lain dalam satu spesies untuk mendapatkan karakteristik tertentu, misalnya dicari tomat yang tahan penyakit tertentu sehingga disilangkanlah tomat yang memiliki kekebalan penyakit terhadap penyakit X dengan yang kebal terhadap penyakit Y, sehingga diperoleh tomat yang kebal terhadap penyakit X dan Y, kemudian benih ini dijual secara komersial dan biasanya pedigreenya dirahasiakan. 

Benih jenis ini biasanya tertulis F1 di belakang nama dagangnya seperti Permata F1. Benih ini biasanya jika di tanam lagi dari benih yang dihasilkan biasanya tidak akan sama dengan F1 tapi mulai terlihat bermacam-macam sesuai karakter campuran kedua induknya. Jika anda suka tantangan anda bisa melakukan dehibridasasi sehingga anda bisa mendapatkan tanaman OP baru dan biasanya anda boleh menamainya dan menjual benihnya asal tidak menamainya sama seperti benih aslinya nanti ada pelanggaran hak cipta. Menggunakan benih F1 membuat kita sangat tergantung dengan perusahaan benih dan harga benih F1 setiap tahun terus mengalami kenaikan. 

Open Polinated (OP)
Ini merupakan jenis benih yang stabil sehingga mereka dapat digunakan secara terus menerus dari hasil panen kita sendiri, sehingga tidak harus membeli benih, cukup pilih buah terbaik dari tanaman yang paling bagus dan anda sudah memiliki bibit tanaman selanjutnya. Hemat dan Anda memiliki kontrol atas tanaman Anda sendiri.

Benih OP biasanya varietas benih yang telah ada sejak dulu atau benih hybrida yang telah dehibridasasi sehingga menghasilkan benih OP yang stabil. Benih jenis ini sangat menguntungkan jika kita mau menggunakan karena memutus ketergantungan terhadap perusahaan benih dan biasanya jenis sangat beragam mulai dari warna, bentuk, dan rasa. Anda akan menyadari bahwa tomat tidak hanya berwarna merah dan bentuknya pun beragam. Sangat menarik, inilah awal ketertarikan saya terhadap tanaman tomat.

Heirloom 
Sebenarnya ada perdebatan tentang istilah ini karena banyak yang mengkategorikan benih OP sebagai Heirloom. Banyak para ahli akhirnya membuat kesepakatan bahwa benih Heirloom adalah benih OP yang telah ada di pasaran selama lima puluh tahun.Secara harfiah benih heirloom bisa diartikan benih yang telah diwariskan secara turun temurun. Jadi benih heirloom sudah pasti benih OP tapi benih OP belum tentu heirloom.  

6 komentar:

  1. sis, bibit op di indonesia dijual dimana? untuk skala kecil. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung apa yang dicari mas/mbak, di kaskus ada yang jual tapi bisa juga dapat gratis dengan aktif di forum tanaman saya mainnya di forum tanaman kaskus dan group sayur herba dan kuliner di FB.

      Emang nyari apa seed OP apa?

      Hapus
  2. cari seeds sayur mayur dan herbal. untuk tanam di rumah saja, jadi mau beli op eceran. setelah baca tulisan diatas ya repot juga kalau setiap kali harus beli bibit :). di fjb kaskus rata2 hybrid.

    btw, terima kasih atas tulisan2nya, sangat menginspirasi, saya banyak belajar dari sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak tempat sih yang jual salah satu farmorganic.com atau ikut aja group di FB tar abis lebaran kita ada BLT (bantuan langsung tanam)sayuran dan herba termasuk tiga macam basil yang lagi saya tanam

      Hapus
  3. kalo boleh tau beli benihnya dimana ya yg jenis Indeterminate ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung grup cabe tomat di FB deh mas Ari kita biasanya bikin group buy buat beli seed tomat yang unik dan suka ada yang bagi-bagi seed gratis.

      Hapus

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih