Minggu, 15 April 2012

Natural Farming

Saat saya membaca One Staw Revolution oleh Masanobu Fukuoka, saya benar-benar terinspirasi. Apa yang paling saya sukai adalah betapa mudahnya berkebun dan tanpa biaya yang besar, selama kita melakukannya selaras dengan alam dan biarkan alam bekerja untuk kita.

Suatu saat saya ingin mencobanya jika saya punya tanah untuk bercocok tanam karena cara ini agak sulit jika diterapkan di pot.

Saya sangat sering mendengar orang berkata tidak mungkin bercocok tanam tanpa pupuk kimia dan pestisida. Saya telah mencoba tanpa pestisida walau dalam skala super kecil (pot) tapi terbukti bisa.

Saya masih menggunakan pupuk kandang atau kompos dengan sedikit tambahan NPK (NPK merupakan pupuk kimia) ketika tanaman mulai berbunga karena tanaman hidup di pot takutnya kalau kekurangan unsur hara sehingga tidak bisa tidak berbuah. Tapi kalau Anda menanam tanaman sayur untuk daunnya sebenarnya tidak membutuhkan NPK atau pupuk kimia lainnya selama Anda menambahkan kompos atau pupuk kandang dalam pot.

Nah kalau nature farming kita tidak perlu menambahkan kompos atau pupuk lainnya untuk bercocok tanam, hanya untuk pertama kalinya saja tambahkan kompos atau pupuk kandang selanjutnya biarkan alam bekerja. Yang paling saya suka metode ini gak perlu mencangkul, cocok dong buat wanita kota seperti saya yang gak pernah pegang cangkul dan menghemat biaya buruh tani.

Kebetulan dapat video ini dari Youtube mengenai dasar-dasar natural farming. Sebenarnya pengen ngasih subtitle tapi gak tahu bagaimana cara ngambil videonya dari Youtube buat di subtitling.  Kalau ada yang tahu caranya kasih tau ya...

Bagian pertama

Bagian ke dua

Caranya sederhana bukan... low cost and need a little effort. Kalau Anda berpikir hal itu tidak mungkin, pikirkanlah bahwa sebelum pupuk kimia dan pestisida ditemukan bagaimana cara para petani bertani.  Saya adalah orang yang berpikir jika pemakaian pestida berbanding lurus dengan peningkatan penyakit mematikan seperti kanker. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih