Kamis, 16 Agustus 2012

Oregano Greek

Saya lagi senang menanam herb, salah satu yang sukses tumbuh dari biji si Oregano Greek ini. Awalnya menunggu germinasinya dari benih lumayan lama sekitar empat minggu. Sebenarnya sudah sempat pesimis enggak akan tumbuh sampai suatu hari muncul katilidonnya yang kecil sekali. Pertumbuhannya lumayan lama sampai tega mindahin ke tempat yang lebih besar, saking kecil dan kurusnya.


Foto di atas kira-kira setelah dua bulan dari benih lumayan lama buat standar saya. Sebelumnya menanam tanaman yang besar dan perkembangannya cepat kaya sawi dan kangkung yang sebulan sudah panen. Tapi ternyata dua bulan kemudian pertumbuhannya sangat cepat.


Pertumbuhannya lumayan cepat, setidaknya tidak kalah sama kecepatan keluarga kami memakannya. Setidaknya sekarang ada Oregano segar di rumah karena harga oregano segar lumayan mahal dan jarang ada. Sebagai orang yang maunya makan enak tapi tetap terjangkau, menanamnya merupakan pilihan yang tepat. 

Manfaat Oregano untuk Masakan.
Sebagian besar orang Amerika Latin khususnya Italia, merasa memasak belum lengkap tanpa bumbu ini, Oregano menjadi primadona dan biasanya dicampur untuk membuat pizza, spaghetti dan makanan lainnya. Kalau orang Turki biasanya diolah bersama daging sapi menjadi kebab, selain itu bubuk Oregano dicampur garam dan merica untuk menambah cita rasa bersantap. Di Yunani, Oregano biasanya dicampur dalam masakan segar seperti salad sayuran dan ikan. Cita rasanya khas mampu mengalahkan bau amis ikan dan membuat makanan tetap segar saat disantap. Orang Filipina menggunakan Oregano untuk menetralisir lemak dalam mengolah daging sapi.

Manfaat Oregano untuk Kesehatan. 
Ternyata selain untuk bumbu masak yang populer ternyata Oregano juga memiliki manfaat untuk kesehatan, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Meski memiliki rasa yang sedikit pahit, Oregano merupakan sumber yang baik  bagi pemenuhan zat besi dan vitamin A.

2. Mengkonsumsi Oregano secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Timol dan senyawa carvacol dalam Oregano bermanfaat dalam membantu pencernaan dan mengobati gangguan perut.

4. Ketika menstruasi, mengunyah sedikit daun Oregano segar dapat membantu menghilangkan nyeri dan kram pada perut dan pinggul.

5. Kandungan minyak dalam daun Oregano segar mengandung sifat antibakteri dan antivirus, sehingga berguna untuk mengobati infeksi kulit.

6. Oregano juga memiliki khasiat yang dapat menenangkan dan membantu tubuh di saat tidur.

7. Daun dengan aroma yang harum ini juga kaya akan kandungan timol yang berfungsi antiseptik  kuat bila digunakan sebagai obat luar.

Ternyata kasiatnya lumayan banyak dan rasanya menanamnya merupakan keputusan yang tepat.

Ayo tanam juga! 

10 komentar:

  1. di jual ga?? pohon oregano nya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu sempat jual di kaskus di pot kecil. Sekarang lagi gak ada mas/mbak saking sibuknya. Adanya di pot besar yang agak ribet klo dikirim-kirim dan berat jadi ongkir pasti mahal, ini mungkin lebih cocok COD.

      Hapus
  2. mas gimana cara merawat oregano setelah tumbuh dari biji, kan kecil tu
    punya saya sering mati kalo gak busuk akarnya layu karena panas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah tumbuh jangan siram dari atas tapi dari dasar pot, dengan prinsip resapan kapiler.

      Taruh air di piring secukupnya, lalu tempatkan pot di air dalam piring, nanti air akan meresap ke tanah hingga tanah lembab, angkat. Kalau di siram dari atas tanamannya suka rebah dan busuk.

      Hapus
  3. Saya juga senang menanam tumbuhan herbal dan bumbu2an..:D. Makasih udah sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama terima kasih sudah berkunjung. Maaf lama sekali baru di balas.

      Hapus
  4. dimana ya beli benih oregano?
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu saya diberi oleh teman mbak, lumayan beruntung karena bisa tumbuh. Sekarang sudah banyak kok di toko online google aja.

      Hapus
  5. mantabs sekali mba Esa, ikut ngopy ya

    BalasHapus

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih