Selasa, 16 November 2010

Kangkung Darat

Aku tadinya mau bikin blog khusus tentang tomat saja tapi karena harus ada yang namanya rotasi tanaman biar enggak diserang hama, ditambah tergoda juga menanam tanaman yang lain maka aku menanam sayuran sebagai rotasi tanam. Sayang juga kalau pengalaman menanam sayur ini tidak diabadikan, makanya aku posting di sini aja karena males juga bikin blog baru.

Kenapa menanam kangkung darat alasannya klise, aku doyan banget apalagi dibikin kangkung seafood sama saus tiram, yummy banget .


Pertama yang perlu disiapin tanah bekas tomat ditambah dengan kompos biar subur lagi soalnya tomat agak rakus haranya. Kangkung pasti mau tumbuh di tanah yang subur. Setelah ditambah dengan kompos tanah dimasukkan kembali ke ke pot dan siram sampai lembab. Lalu bikin lubang kecil tanah dengan jarak tertentu lalu masukin tiga biji kangkung di setiap lubang lalu tutup kembali dengan tanah. Tutup pot dengan plastik untuk mempertahankan kelembapan, setelah intip aja tiap hari siapa tahu sudah tumbuh, biasanya kalau benihnya baru dua atau tiga hari sudah muncul seperti ini:

Tunas kangkung 
Setelah dua minggu sudah terlihat seperti tanaman kangkung yang dijual di pasar, walaupun masih versi kecil dan sejauh ini belum ada tanda-tanda serangan hama. Senangnya.......

Kangkung di keranjang 2 minggu
Yang di pot juga kayanya sehat sentosa juga, buat kangkung and sayuran lain sebisa mungkin pakai pot yang nomor plastiknya 5 biar lebih aman biasanya sih bekas selai atau es krim.

Kangkung 2 minggu di pot
Ini dia kangkung siap dimasakn, umurnya sekitar 26 hari. Dipetik sepuluh menit sebelum dimasak segar sekali, mana ada supermarket yang jual sayur sesegar ini.

Ready to cook
Postingan ini membuktikan walau ditanam tanpa pestisida sayuran bisa bebas hama. Asal kita mau pasti bisa.
Kelihatan kan bebas hama walau tanpa pestisida
Perjalanan terakhir sang kangkung di kuali jadi kangkung saus tiram, yang menurut saya enak banget walau tanpa tambahan seafood karena memakai kangkung yang super fresh dan bumbunya good quality, no restaurant can beat that!. Gambarnya kurang jelas nih karena lampunya kurang terang dan wajannya berwarna coklat.

Kangkung saus tiram
Jadi ayo tanam sayuran juga di rumah kamu, gampang kok. Aku aja bisa padahal gak punya basic pertanian, pakai ilmu nekat aja setelah dicoba ternyata mengasyikkan dan menghilangkan stress juga. Jadi bisa dapet dua manfaat sayuran organik  gratis dan stress free. 

8 komentar:

  1. makasi infonya..
    sangat bermanfaat.posting terus yak^^

    BalasHapus
  2. Sentaro Garden makasih udah mampir, seneng deh kalau apa yang saya bagikan bermanfaat buat kamu. Happy Gardening!.

    BalasHapus
  3. hebat kamu..............mantap...aku jg penanam semi loh walau bukan basic ku pertanian tp rajin nanam sayuran jg, terutama cabe, udah 4 bln ini aku tu gk pernah beli lg dr pasar/supermarket..krn hasil panenku sdh cukup buat kami makan..

    jd kita kyknya sama ya hobby nanam,,seru yaa,,,asik makan tanaman sendiri, tp aku pengen nanam kangkung tu kayak kamu cuma aku tdk punya bibitnya, pernah aku coba beli di pasar, beli kangkung sama akarnya, daun di makan lalu akar aku tanam, hmmm... lumayan sih tumbuh jg tp ayamku yg manen !!

    krn emak ku punya banyak ternak anyamnya jd susah jg, klau di depan rumahku sdh dipenuhi tanaman cabe, sama kyk kamu sih, lahan di rumahku tidak terlalu luas.

    tp ... aku tertarik tu pengen nyoba lg deh nanam kangkungnya, semoga berhasil ya.....salam kenal dari ku "sinta"

    BalasHapus
  4. Hai mbak Sinta_ngl terima kasih sudah mampir ke sini dan makasih atas pujiannya bikin makin semangat untuk berkebun. Bibit kangkung murah kok di toko pertanian dulu beli cuman 7000 isinya udah banyak.

    Ayamnya di kandangin aja mbak kan kalau gini kotorannya bisa jadi kompos katanya sih kalau dikasih ramuan herbal atau EM1 (klo gak salah) bisa kotorannya gak bau.

    Ayo mbak coba lagi aja gak rugi kok...Senend deh kalau makan hasil panen sendiri.

    BalasHapus
  5. seneng banget nemui blog ini, aq jg lg seneng2nya nanem sayuran, kmrn2 nanem pokcoy tp udah hbs dipanen :) skrg lg nanem kangkung tp ya gitu taneman2ku dr pokcoy jg kangkung yg skrg kok selalu tinggi kurus kenapa ya mba'. Makasih masukannya. salam kenal ida, sidoarjo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Ida :) terimakasih sudah mau berkunjung kemari.

      Kalau kurus mungkin karena gak dapat sinar matahari yang cukup mbak. Apakah sudah terkena sinar matahari langsung minimal 8 jam?. Jika sudah, mungkin kekurangan Nitrogen mbak, karena sayuran berdaun gini harus cukup nitrogen biasanya cukup dengan menambahkan pupuk kandang ke media tanam.

      Happy Gardening!.

      Hapus
  6. kirakira kangkung ini tiap minggu tumbuh brp cm ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadoh gak pernah ngitung tapi sampai panen cuman makan waktu sebulan mas. Jadi lumayan cepet, ayo dicoba aja ini gampang banget nanamnya.

      Hapus

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih