Senin, 05 Agustus 2013

Bunga Gladiol

Sudah lama tidak memposting apa pun di blog saking sibuknya, tanaman tidak terurus dan akhirnya memutuskan tidak menanam apa-apa dibanding tidak terurus tanamannya. Ternyata nyaris setahun tidak posting apa-apa.

Bunga Gladiol, kalau bahasa bulenya Gladiolus, Gladiola, atau Sword Lily. Bunganya keren, varietasnya banyak banget dan yang paling bikin saya senang bunga yang berasal dari Afrika ini gampang banget di tanam. Buat pemula seperti saya terdengar seperti tanaman anti gagal.

Bunga ini biasanya di tanam dari corm (anakan subang) bisa juga memakai benih tapi akan memakan bertahun-tahun hingga berbunga. Aku dapat corm bunga gladiol dari seorang teman di Jerman. Melihat kemasan corm bunganya menanamnya jadi semangat sekali sekali karena bunganya cantik sekali. Ini merupakan hal baru buat saya karena sebelumnya sudah berjanji pada diri sendiri tidak akan menanam sesuatu yang tidak bisa dimakan, belajar menutup mata mengenai bunga karena gak ada tempat lagi tapi akhirnya ke jeblos juga nanam bunga.

Begitu corm sampai di Bandung (Thanks Zip!) langsung di kupas dan direndam semalam. Besoknya di tanam di pot, dan yang bikin senang pertumbuhan bunga gladiolnya cepat sekali. Biasanya akan memakan waktu tiga bulan hingga berbunga. 

Nanti aku posting tahap perkembangannya di sini. Anda pasti menyadari jika melihat postingan saya, kalau saya tidak suka membagi posting perkembangan tanaman yang sama jadi beberapa post, soalnya saya sendiri tidak suka membuat banyak postingan mengenai satu topik yang sama, dan akan membuang waktu Anda mencari lanjutannya.


Foto di atas adalah bunga gladiol berusia 3 hari setelah berharap-harap cemas akhirnya menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Maklum dapatnya agak susah dan datang dari jauh pula. 


Setelah satu minggu seminggu bersyukur sekali ke 17 corm tumbuh semua. Baru kali nanam sesuatu pertumbuhannya hingga 100%. Lumayan ajaiblah buat pemula kaya saya bikin makin semangat aja. Ada yang tumbuh dua batang dari satu corm, yang artinya saya bakalan dapat dua bunga.


Foto yang ini juga terdapat dua batang dalam satu corm tapi kecepatan tumbuhnya beda yang satu sudah besar dan yang lainnya masih kecil. Semoga nanti bisa berbunga bersamaan.


Di foto ini jelas sekali mengapa bunga gladiol disebut sword lily karena batangnya tipis dan memang seperti pedang. Corm ini hanya menghasilkan satu batang dan pertumbuhannya paling sempurna dibanding yang lain. Tapi semakin besar jumlah corm maka semakin besar bunga yang dihasilkan.


Bunga gladiol ternyata pertumbuhannya lumayan cepat. Tanamannya akhirnya diberi penyangga karena angin di atap rumahku lumayan kencang dan karena daunnya tipis dan memanjang jadinya suka patah.


Pada gambar di atas batang utamanya sudah mulai menebal artinya bakal bunga sudah muncul dari bawah, kalau tidak salah setelah daun ketujuh.


Kalau di foto ini sudah jelas terlihat bakal bunga, sungguh menyenangkan!. Sudah mulai terbayang bakal memetik bunga yang indah.


Bakal bunga sudah mulai menebal, cantik deh bentuknya. Berkebun itu membuat semakin bersyukur dan semakin ngerasa Tuhan itu hebat.


Bunga sudah mulai muncul, cuman di sini kurang kelihatan warnanya. Warna aslinya ungu pekat (berhubung cuman ada kamera hp dan difoto oleh juru foto amatir, jadinya begini).


Beginilah versi yang sudah mekarnya warnanya semakin lembut seharusnya ada bagian yang berwarna ungu tua di bagian tengah dan warna juga lebih pekat tapi berhubung dikasih perhatian seadanya dan enggak dikasih pupuk saking sibuknya. Mungkin tanamannya kekurangan hara untuk menciptakan warna ungu yang kinclong. Nanti dicoba lagi deh soalnya pengen banget lihat aslinya karena cantik banget kaya anggrek.


Ini warna yang lain, secara pribadi lebih suka yang ini karena bunganya lebih besar dan warnanya mencolok sekali. Sewaktu masih kuncup bagian yang berwarna kuning warnanya hijau kekuningan yang unik dan saya suka sekali, tidak terlihat foto ini.


Setelah mulai mekar bagian yang berwarna hijau tadi mulai berubah jadi kuning cerah. Perpaduan yang cantik sekali. 


Tampak samping foto yang di atas. Kalau mau dipotong dan ditaruh di vas sudah bisa. Kata nyokap biasanya petani bunga mulai memotongnya kalau bunga pertama sudah pada tahap ini.


Bunganya mekar sempurna. Cantik sekali paduan warnanya. Masih ada lima warna yang belum mekar. Mudah-mudahan bisa mekar karena udaranya panas sekali, kasihan deh ngeliatnya tanamannya sampai layu di siang hari saking panasnya. Kebayang deh panasnya di daerah kamu, di Bandung yang seharusnya sejuk saja sudah seperti itu apalagi daerah yang panas pasti makin panas.

Akhirnya berbunga juga semuanya, senangnya...

Perpaduan kuning dan oranye yang cantik sekali, bunganya agak keriting cantik deh.



Gladiol ini warnanya agak ngejreng warna fushia, pink tua keunguan gitu deh




Yang di bawah ini warnanya kalem banget, salem lembut dengan semburat merah.


Ini yang warnanya paling tua, awalnya pucuknya berwarna merah kehitaman tapi semakin terang sewaktu bunga berkembang.






Setelah semua bunga dipetik tinggal menunggu umbi bunga gladiol terbentuk dengan sempurna. 

4 komentar:

  1. Wah cepat sekali 3 hari sudah tumbuh. Cantikk bangett :) . Yang pink kuning itu punyaku juga sudah mekar. Esa itu bibitnya kamu tanam 2 bibit satu luang, atau itu numbuh anakannya ya?.
    Ooo setelah daun ketujuh baru muncul bunganya. Punyaku ada 2 pot blm muncul bunganya, awalnya krn pot kekecilan lalu kupindahkan eh malah sekarang sudah mulai dingin, ga tau apa akan sempat berbunga atau tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang ada satu umbi muncul tunasnya dua mbak Nella, kata nyokap kalo umbinya bagus katanya suka gitu dan nantinya bakal dapat dua umbi, emang punya mbak Nella gak ada yang kaya gitu? Waduh kasian juga belum sempat berbunga, mudah-mudahan masih sempat.

      Makasih sudah mampir ya...

      Hapus
    2. Gladiolku ada ko yg muncul anakannya :). Nanam 5 numbuh 8 :D. Yg sdh berbunga yg hijau dan kombinasi pink kuning spt punya Esa. Yg ungu belum :( .

      Hapus
  2. Aih, bagusnya.....
    Mba, dari awal nanem ampe berbunga kira2 brp lama ya? Gampang gak perawatannya?

    BalasHapus

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih