Sabtu, 11 Desember 2010

Determinate atau Indeterminate

Pada posting pertama tentang pengalaman pertama menanam tomat di sana tertulis tentang salah penangan terhadap tomat pertamaku. Tomat yang aku tanam berjenis determiniate tapi aku perlakukan seperti indeterminate. Hal tersebut otomatis mengurangi jumlah buah yang didapat. Aku menulis tentang kebiasaan tumbuh tomat supaya kalian tidak mengalami hal yang sama dan dapat panen yang maksimal.

Jenis-jenis Tomat berdasarkan kebiasaan tumbuh (growing habit).
Umumnya ada tiga jenis tomat, yaitu Indeterminate (Cordon), Determinate (Bush) dan Dwarf Bush (Hanging basket) masing-masing memiliki pola pertumbuhan yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian  dan tempat yang tersedia.
  
Tomat Indeterminate (Cordon)
Tomat jenis ini akan tumbuh tinggi banget jadi akan memerlukan tiang tambahan supaya tidak rubuh, karena tidak mampu menahan beratnya. Tomat jenis ini bisa mencapai 2,5 meter bahkan ada yang khusus di kembangkan bisa mencapai 7 meter. Aku biasanya pake bambu yang mudah di dapat. 

Pinching out the shoots from the 'armpits' of tomato plants
images from growveg.com

Tunas di ketiak daun bisa dijarangkan jika tidak ingin tanaman tidak terlalu besar dan menyemak kemana-mana atau bisa dicoba french pruning 3 biar rapi. Kalau tanam di pot lebih baik tunasnya di jarangkan agar tidak terlalu besar dan rawan terkena penyakit karena kelembapan yang tinggi terutama jika di tanam berdekatan. Ciri khas tanaman indeterminate biasanya setiap tiga daun ada satu bunga. Jadi tunas bisa di jarangkan sesuai dengan kebutuhan.

Tomat Cordon/Indeterminate biasanya memiliki buah yang matang secara bertahap sehingga masa panen lebih panjang. Jenis tomat ini cocok untuk ditanam dikebun rumahan karena suply tomat akan tercukupi dalam waktu lama dengan sekali tanam. Tomat ini bisa tumbuh sangat besar dan lebih berumur panjang dibanding tipe tomat lain. Jadi siapkan tiang yang tinggi. 


Tomat Determinate (Bush)
Tomat ini berbeda dengan jenis Indeterminate karena secara umum tidak terlalu membutuhkan tiang dan kita tidak harus menjarangkan tunas sehingga membutuhkan lebih sedikit perawatan. Tapi kalau menurutku tetap membutuhkan tiang karena buahnya lumayan banyak dan kalau gak ditiangin akan tergeletak di tanah jadi lebih gampang terkena hama. Jadi siapkan tiang tapi tidak perlu terlalu panjang, karena tumbuhnya tidak terlalu tinggi.


Salah satu kehebatan jenis ini buahnya matang hampir secara bersamaan dan tidak terlalu tinggi, yang aku coba tingginya kira semeter. Jadi kalau nanam secara komersil cocok sekali karena bisa panen 2 atau tiga kali dengan selang waktu berdekatan. Tomat determinateku yang cuma berapa pot itu juga kewalahan ngabisinnya karena matang dalam waktu berdekatan. Ini banyak di tanam di luar negeri karena masa tanam mereka terbatas.

Jenis ini juga cocok di tanam di pot karena tanaman tidak terlalu besar dan tidak terlalu tinggi tapi buahnya banyak.  Cuman pot pilih yang agak gede ya...

Sebenarnya ada juga tomat jenis lain di pasaran yaitu semi determinate. Tomat ini lebih besar dari tomat determinate sehingga membutuhkan tiang, tapi lebih kecil dari interdeminiate dan buahnya matang secara bersamaan. Tomat semi determinate biasanya tomat hybrid. 

Dwarf Bush (Hanging Basket) Tomato Varieties.  
Tomat ini lebih kecil dari tomat determinate. Mereka di kembangkan untuk ditanam di pot. Biasanya mereka di tanam berukuran sedang atau pot gantung, jadinya cantik banget kalau lagi berbuah.  Seperti foto di bawah ini : 




Gimana cantik banget kan, sayang aku belon dapet bibitnya. Mudah2 bisa cepet dapet.


Jadi kalau beli bibit tomat baca kemasannya biar tahu jenisnya apa biar ada persiapan. Apalagi kalau nanamnya di pot kaya aku jadi ukuran potnya bisa disesuaikan dengan jenis tomatnya. Kalau tomat jenis intermediate harus yang gede minimal seukuran ember besar soalnya tanamannya tumbuh tinggi banget jadi harus ada ruang untuk akarnya dan tempat menancapkan tiang agar stabil. 

6 komentar:

  1. malam mba.
    oia, apakah anda menyediakan bibit tomt cerry yg sudah di bungkus kecil-kecil.
    terima kasih.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ad sy punya mbak, skg ni sy tngah meneliti tanaman tomat tipe cherry

      Hapus
    2. Hi Mbak saya gak jualan. Tapi sekarang banyak bibitnya kok di Tokopedia. Semangat ya berkebunnya

      Hapus
  2. Hai my world....
    Saya belum bisa jualan secara komersial karena masih dalam skala hobby mas dan gak punya stok seed. Kemaren seed zimanya habis dibagi-bagi di Forum Tanaman Kaskus, join aja ke sana dan banyak seed lain yang dibagikan secara gratis.

    BalasHapus
  3. di artikel "french pruning" dijelaskan kalo tomat determinate tdk perlu runing tunas air maupun tunas pucuk. tapi kalo saumpamany tetap di pruning tunas air maupun tunas pucuk, apa tdk apa2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah mbak, cuman mungkin buah yang didapat lebih sedikit. Tomat determinate cenderung berumur pendek dan panennya berdekatan, biasanya setiap tunas bawa bunga.

      Hapus

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih