Rabu, 04 April 2012

Ada Apa di Kebun 2

Sudah lama nih belum mengupdate blog, lumayan sibuk dengan pekerjaan sehingga terbengkalai blognya. Tahun ini banyak sekali teman-teman berkebun berbagi benih tanaman selain tomat kepada saya. Beberapa diantaranya saya coba tanam, tentu saja di pot. Habis di mana lagi kalau tidak di pot soalnya tidak punya pekarangan. 

Musim hujan sedang gencar di sini tiap sore pasti hujan sehingga semua tanaman ini ditaruh di beranda agar tidak terkena hujan. Makanya agak kurus karena tidak mendapat sinar matahari langsung. Mudah-mudahan musim hujan cepat berlalu. 

Foto dibawah ini adalah Oregano Greek yang disemai dari benih, lumayan senang sewaktu tumbuh cuman masa germinasi agak lama. Dibutuhkan sekitar dua minggu baru mulai tumbuh, jadi mesti sabar ya... Herb ini biasanya dibutuhkan kalau membuat makanan Italia seperti Spageti. Cocok untuk campuran masakan daging, ikan dan seafood. 


Ini bukan kailan lho, ini kembang kol yang masih kecil walau bentuknya agak mirip. Harusnya mungkin lebih besar tapi karena pengaruh hidup di pot dan jarang terkena sinar matahari penuh jadinya agak kecil. Kita liat aja nanti apakah bisa panen, namanya juga lagi belajar.



Di entri sebelumnya juga sudah ada seledri yang membedakannya seledri ini ditanam  dari benih kalau yang sebelumnya dari bonggol seledri pasar. Ini juga termasuk jenis seledri besar namanya seledri Utah (Celery Utah) mudah-mudahan nanti hasil panennya sebesar yang diharapkan.



Tanaman ini namanya Fig alias Ara alias Tin pemberian seorang teman, jadi bukan dari benih melainkan stek batang. Tadinya tidak berminat menanam tanaman besar tapi katanya tidak akan terlalu besar dan bisa ditanam di pot. Mungkin nantinya akan dipindah ke pot yang lebih besar. Katanya selain buah yang sudah matang enak dimakan, buah yang muda bisa disayur.


Murbey ini bagian dari kenangan masa kecil dulu, sewaktu Bandung pembangunannya belum sepesat sekarang, pohon murbey ada di pinggir jalan di SD saya. Kalau lagi berbuah rajin metikin buahnya sambil berjalan pulang. Sekarang sih sudah tidak ada, makanya agak bersemangat ketika ada penjual tanaman ini walau harus memangkunya sepanjang jalan dan menjadi pusat perhatian. Sering juga menyebut buah ungunya sebagai blackberry. Yang merah asem tapi yang ungu manis.


Tanaman di atas yang sudah tumbuh, sekarang lagi menyemai cabe dan tomat sambil menunggu musim hujan berlalu. Nanti aku update lagi deh tanamannya kalau sudah lebih besar. 

3 komentar:

  1. Ah tertarik sama murbey dan tin, dmn saya bisa dapat bibitnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari di FB mbak, banyak yang jual kok

      Hapus
    2. Coba cari di FB mbak, banyak yang jual kok

      Hapus

Selamat datang di Tomat Cherry....
Silakan kirimkan komentar jika ada yang mau dibagikan atau ditanyakan, tapi maaf jika balasannya agak lama karena saya sedang sibuk sekali. Semua komentar akan dimoderasi untuk mencegah spam.

Terima Kasih